EntarAja, Sabar

EntarAja, Sabar


Belanja online sekarang memang lebih diminati mengingat kemudahan yang ditawarkan dengan akses yang sangat mudah dan simpel. Tinggal duduk manis pencet-pencet hp dan barang pun datang. 

Tapi rupanya tidak selalu semua harus berjalan mulus. Ada aja masalah yang timbul karena memang proses belanja online ini melibatkan banyak pihak setidaknya dalam garis besarnya ada 4 pihak yang telibat secara langsung. Yang mana jika belanja offline cuma melibatkan 2 pihak secara langsung dan tatap muka. 

Dengan artian, proses dari mulai memilih barang hingga menerima barang yang dibeli tentu lebih lama, apalagi jika pembeli dan seller tinggal di kota yang berbeda. 

Memang, semenjak maraknya budaya belanja online, ada begitu banyak masalah yang sudah muncul dan itu hal wajar meskipun memang tidak ada yang suka terlibat masalah. 

Selain pembeli yang bermasalah, Seller yang kadang bermasalah hingga jasa pengiriman pun sering kali bermasalah. Seperti yang kita bahas dalam tulisan ini yakni Jasa Ekspedisi yang bermasalah.

Si Entar Aja.

Ada begitu banyak jasa layanan ekspedisi atau jasa antar paket yang tersedia di Indonesia untuk pengiriman baik nasional maupun internasional. Dan masing-masing dari mereka menawarkan paket layanan dan harga yang murah serta secara langsung bekerjasama dengan platform belanja online atau yang sering disebut marketplace. 

Termasuk si EntarAja ini, yang belakangan saya melihat sering berpartner dengan salah satu marketplace dengan menawarkan bebas ongkir berupa potongan ongkir senilai 20 ribu dengan minimium pembelanjaan 50 ribu. 

Sudah barang tentu, hal tersebut sangat menarik mengingat potongan ongkir sangat diminati oleh pengguna atau pelanggan. Namun seharusnya ketika pun berani menawarkan potongan ongkos kirim, tidak membuat pelayanan menjadi buruk.

Tapi nyatanya seburuk itu. 

Gagal PickUp

Beberapa kali kebelakang memang saya sering menggunakan layanan si EntarAja ini yang memang belakangan sering menawarkan bebas ongkir di platform hijau dan orange yang tentu sangat menarik bagi calon peembeli. 

Nah dalam kasus ini sedang jualan sebuah barang yang memang ingin sekali saya jual karena tidak lagi saya butuhkan. Barang second yang sangat berguna hehe.

Setelah menemui banyak calon pembeli yang cuma jago nego, akhirnya ada satu pembeli yang cocok dengan harga yang saya tawarkan dan deal paket siap antar. 

Kebetulan pembeli memilih si EntarAja ini sebagai jasa pengirimannya yang kemudian saya pilih layanan pickup karena memang tidak ada kantor yang dekat. 

3 hari kemudian, paket tidak juga diambil. Sampai akhirnya pembeli membatalkan transaksi karena sudah melampaui tenggat waktu katanya. Kan Asw.

Paket Mandek

Ini tai sih. Ini kali kedua seinget saya yang memang membuat jengkel lantaran paket mandek bahkan yang terakhir ini sampai 3 hari dengan status yang diperbarui kemarin pagi dengan status “Ksatria Baja Hitam sudah ditugaskan mengantar paket” yang hingga hari ini belum juga nongol.

Nah yang aneh lagi, penyebab paket mandek adalah cuma karena hujan. 

3 hari yang lalu, tempat saya dilanda hujan deras memang, ada kali 2 jam hujan, tapi bagian derasnya cuma setengah jam. 

Aplikasi Rate *1

Di AppStore, banyak sekali yang rate layanan ini dengan bintang satu karena memang sering sekali bermasalah. Cuma karena hujan saja mandek 3 hari, gimana kalau banjir ? Mungkin 3 bulan. Padahal yang banjir cuma 50 meter dan surut 1 jam kemudian. 

Server Kon****** trakan

Tidak berhenti disitu, sayadengan sangat terpaksa akhirnya mengunduh aplikasi tersebut yang saya pikir disana saya bisa menemukan kontak kurir yang sedang menangani paket saya. 

Dan rupanya, saya harus register dulu dengan mencantumkan nomor ponsel yang nantinya digunakan untuka mengirim OTP. Ok saya input nomor saya.

Dan tidak ada OTP yang dikirim. Sempak

Setidaknya itu yang terjadi kemarin.

Hari ini, saya kembali mencoba mendaftar dan mengikuti langkah yang sama. 

Dan berhasil, OTP berhasil dikirim dan saya bisa login kemudian.

Tapi ternyata, saya tidak menemukan informasi kontak si Ksatria Baja Hitam, melainkan customer care melalui whatsapp.

Customer Service

Oke, dengan menggunakan WhatsApp, saya pikir akan mempermudah dan mempersingkat proses komplain. Namun ternyata tidak begitu. Semua dilayani oleh robot atau orang yang mirip robot. 

Dan rupanya sebelumnya saya sudah pernah menghubungi kontak servis tersebut yang berakhir dengan diminta menunggu yang tidak ada kelanjutannya kemudian. 

Tapi tidak hari ini. 

Setelah komplain pertama hari ini pun berakhir dengan diminta menunggu tanpa kepastian, saya coba lagi komplain kedua dan rupanya berhasil ditanggapi. 

Hanya saja kemudian saya diminta menunggu 7x24 jam untuk mereka melakukan investigasi bencana. 

Asw ! Malah disuruh nunggu seminggu lagi. 

Sebelumnya di marketplace pun saya sudah mencoba untuk komplain dengan maksud mungkin bisa mempercepat proses yang kali saja si Ksatria Baja Hitam yang bertugas ini ketiduran pas hujan dan kemudian lupa harus antar paket. Yang rupanya pun harus menunggu satu minggu untuk platform menghubungi jasa kurir. 

Mungkin , si kurir EntarAja ini kantor pusatnya di Bulan sampai menghubungi mereka butuh waktu satu minggu. Bisa sebulan kalo akses terhalang meteor garden. 


Kesimpiulan

Untuk anda pembeli yang ingin menggunakan produk yang anda beli, hindari menggunakan jasa kirim EntarAja, yang mungkin mereka mengubah namanya di aplikasi dengan nama lain, jangan terkecoh.

Atau jika anda seller atau penjual, jangan centang pilihan kurir si Entar-entaran ini, nanti malah penlanggan anda kabur dan trauma. 


Mungkin anda mengendus sekali aroma-aroma emosi dalam tulisan ini, karena memang hari ini terik sekali. Panas, warung es tutup dan males bikin es sendiri. 

Ditambah lagi ada paket yang nyangkut cuma karena hujan 3 hari yang lalu, kurang enek apa coba ?

Yasudah, sampai baris terakhir ini pun si Ksatria Baja Hitam belum juga membunyikan klakson belalang tempurnya yang artinya tidak ada tanda-tanda kehadirannya seperti halnya polisi India. Tai lah